--> Skip to main content

Nama-nama Hewan Dari Huruf D

nama-nama hewan huruf d

Di dunia ini ada banyak sekali jenis hewan, dari ukurang yang paaling kecil hingga ukuran yang paling besar. Nama dari setiap hewan juga selalu berbeda meeskipun mereka masih dalam satu famili, namun mungkin yang menjadi bukti kekerabatan adalah dengan memiliki bebrapa ciri-ciri morfologi yang hampir mirip atau bahkan sama. 

Keberadaan hewan juga tersebar luas diseluruh dunia, bahkan terkadang ada beberapa jenis hewan yang tidak bisa tnggal di negara tertentu karena memiliki iklim yang berbeda dari daerah asalnya. Nah kai ini coba simak ulasan dibawah ini yangmana akan membahas tentang hewan yang memiiki inisial huruf D dalam penamaannya, agar semakin paham tentang nama-nama hewan yang ada di muk bumi ini.


dara (sumber pixabay)
1. Dara
Dara adalah hewan yang masuk dalam jenis hewan bertulang belakang, dara ini juga sering disebut dengan burung merpati. Dalam kehidupan sehari-hari, kedua nama atau sebutan itu slaing bergantian atau menggantikan satu sama lain sebab keduanya tetaplah sama. Burung dara atau burung merpati ini memiliki tubuh yang berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh yang sedikit ramping. 

Burung dara ini biasanya dipelihara oleh perorangan, terkadang juga hanya dibiarkan liar begitu saja. Alasan burung dara ini dipelihara adalah untuk dikonsumsi dagingnya sebagai lauk pauk tetapi terkadang burung dara ini dipelihara hanya sekedar dipelihara saja untuk pajangan depan rumah.


duyung (sumber pixabay)
2. Duyung
Duyung adalah hewan laut mamalia yang biasa disebut juga sebagai dugong, hewan yang satu ini sering dikatakan sebagai hewan penunggu laut dalam. Duyung atau dugong memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dan hidup diperairan laut yang sangat dalam. Duyung merupakan satu-satunya hewan mamalia laut yang memakan tumbuhan atau herbivora sehingga hewan ini sangat bergantung dengan pertumbuhan rumput laut dilautan lepas tersebut. 

Duyung atau dugong ini juga memiliki kondisi yang sangat terancam kepunahan, sebab banyak orang yang memburu hewan ini untuk mengambil daging dan minyaknya. Meskipun hewan ini sudah dilindungi, namun terkadang masih saja orang-orang jail atau nakal yang memang sengaja memburu hewan ini dengan membuka lahan atau kawasan baru yang menjadi tempat tinggal hewan ini. selain itu juga ada faktor lain yang sangta membahayakan populasi dari hewan yang satu ini yaitu banyaknya sampah yang sudah menyebar luas di lautan lepas. 

Duyung atau dugong adalah hewan yang tinggal diperairan yang tenang dan bersih, sehingga ketika sampah sudah mulai memasuki habitatnya hewan ini akan merasa terganggu dan merasa terncam, sebab bisa jadi justu sampah-sampah tersebut akan masuk kedalam perutnya atau dikonsumsi yang kemudian menimbulkan masalah yang sangat fatal.


domba (sumber pixabay)
3. Domba
Domba alah hewan ruminansia atau hewan yang memiliki 4 lambung, domba juga seringkali disebut sebgai biri-biri. Domba memiliki bulu yang sangat tebal, sehingga banyak orang yang memanfaatkan bulunya untuk dijadikan bahan pembuatan benang wol. Domba ini jika dilihat sekilas akan mirip dengan kambing, karena memiliki ukuran tubuh yang hampir sama, meskipun memiliki ukuran tubuh yang hampir sama kedua hewan ini tetaplah berbeda. 

Bahkan dari ciri-ciri fisiknya sudah sangat terlihat berbeda. Misalnya seperti bulu pada kambing dan doma sudah sangat jelas berbeda, dimana bulu domba sangat tebal sedangkan pada kambing tida setebal bulu domba. Selain cara merawat domba juga tidaklah sama seperti ketika merawat kambing, domba membutuhkan perawatan yang lebih intens.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar