--> Skip to main content

Cara Budidaya Buah Coklat Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Buah Coklat Yang Cepat Panen
tanaman coklat (sumber wikipedia)

Buah coklat menjadi salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk berbagai macam hal. Buah yang satu ini sangat kaya akan manfaatnya dimana orang-orang sering menjadikannya untuk olahan lainnya. Seperti halnya dijadikan sebagai minuman dengan rasa coklat, makanan coklat, dan lain sebagainya.

Tak heran jika ada banyak orang yang membudidayakan buah cokelat untuk dijadikan peluang usaha. Bila anda mampu membudidayakannya dengan baik dan benar, keuntungan yang didapatkan dari penjualan buah coklat juga menguntungkan. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsinya sendiri atau menjadikannya olahan sesuai yang diinginkan.

Buah yang satu ini benar-benar akan sangat efektif bila anda budiayakan karena kedepannya juga masih dibutuhkan oleh banyak orang. Namun untuk membudidayakannya, anda harus memperhatikan beberapa hal penting supaya hasil buah coklat yang ditanam akan berhasil.

Syarat Tumbuh Tanaman Coklat 

Bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman coklat, anda harus memahami beberapa hal penting sebelum membudidayakannya. Beberapa syarat tumbuh tanaman coklah yang dapat anda ketahui sebagai berikut:

- Iklim

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah iklim yang cocok untuk budidaya tanaman coklat. Tanaman coklat bisa dibudidayakan di daerah yang memiliki dataran rendah. Suhu yang dibutuhkan maksmial 30 derajat dan minimum 18 derajat. Seperti halnya tanaman pada umumnya, tanaman ini mampu tumbuh dengan baik dengan curah hujan 1300 – 3000.

- Media

Media yang digunakan salah satunya adalah tanah, dimana tanah yang cocok untuk tanaman coklat ini memiliki mineral air yang cukup banyak. Tingkat keasaman tanah antara ph 6 – 7,5 sudah efektif untuk budidaya tanaman coklat. Proses budidaya juga dapat dibantu dengan alat lainnya seperti cangkul, sekop dan peralatan lainnya.

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui syarat tumbuh tanaman coklat. Hal ini akan menentukan budidaya tanaman coklat yang dilakukan supaya berhasil.

Persiapan Bibit

Bibit menjadi salah satu hal penting yang harus anda siapakan agar tanaman coklat yang dibudidayakan memberikan hasil yang berkualitas. Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, anda bisa membelinya di toko terdekat. Ada banyak sekali penjual bibit tanaman coklat, anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan.

Bagi anda yang ingin melakukan pembibitan sendiri, anda bisa melakukannya dengan cara generative. Cara yang satu ini akan lebih cepat menghasilkan bibit dalam jumlah yang lebih banyak. Bibit yang baik didapatkan dari buah coklat yang memiliki bentuk normal dan sudah tua. Apabila digoncangkan, buah cokelat akan berbunyi keletuk-keletuk.

Pastikan bibit yang didapatkan terbebas dari hama dan juga penyakit. Umur bibit yang bisa diambil yaitu dari buah coklat yang sudah berumur 4-6 bulan. Tanaman yang tumbuhnya normal dan menghasilkan buah coklat yang normal menjadi pilihan yang paling efektif untuk anda pilih. 

Penyemaian

Setelah pembibitan sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah penyemaian. Siapkan beberapa media seperti tanah, polybag atau pot, pupuk dan peralatan lainnya untuk penyemaian tanaman coklat. Campurkan tanah dan pupuk terlebih dahulu, kemudian masukan ke dalam polybag atau pot yang sudah disediakan. Tanam bibit ke dalam polybag dan biarkan hingga tumbuh agak besar. Setelah penyemaian tanaman coklat selesai, anda tinggal melanjutkannya untuk menanamkannya ke lahan yang sudah disiapkan.

Proses Penanaman

Menanam buah coklat yang paling efektif dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Untuk iklim cuaca biasa juga efektif untuk penanaman tanaman coklat. Beberapa hal yang harus anda lakukan dalam menanam tanaman coklat yaitu sebagai berikut:

- Siapkan bibit coklat yang sudah disemai terlebih dahulu.

- Buat lubang tanaman sesuai dengan ukuran, yakni 60x60 cm supaya lebih efektif. Untuk kedalamannya menyesuaikan ukuran tanaman coklat yang akan ditanam.

- Masukan tanaman ke dalam lubang yang sudah disediakan, kemudian tutup dengan menggunakan tanah dan pastikan menutupnya sudah padat supaya tidak goyang.

- Bila perlu, tambahkan tiang penyangga untuk memperkuat tanaman dalam proses pertumbuhan.

Penyiraman Tanaman Coklat

Penyiraman tanaman coklat menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Hal ini dikarenakan air akan sangat membantu proses pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat. Selain itu, kesegaran tanaman juga akan lebih terjaga bila anda rutin melakukan penyiraman setiap harinya. 

Tips menyiram tanaman coklat yang baik:

- Lakukan penyiraman setiap hari 2 kali dengan menggunakan air secukupnya.

- Waktu penyiraman yang efektif adalah pagi dan sore hari.

- Apabila di musim hujan, sebaiknya penyiraman tanaman jangan dilakukan.

- Pastikan tanaman coklat mendapatkan air setiap harinya.

Penyiraman yang baik akan berdampak baik pula pada pertumbuhan tanaman coklat.

Pemupukan 

Pemupukan juga jangan sampai anda lewatkan. Tanaman coklat tidak akan tumbuh dengan baik bilamana pemupukan tidak dilakukan. Untuk proses ini, anda bisa menyiapkan pupuk terlebih dahulu. Anda bisa membelinya di toko terdekat atau tempat penjualan pupuk, ada banyak sekali yang menjualnya. Lakukan pemupukan secara berkala, yakni menyesuaikan dengan pertumbuhan yang terjadi pada tanaman coklat. 

Penyiangan

Penyiangan bertujuan agar tanaman coklat dapat tumbuh secara efektif. Adanya tanaman lain seperti rumput liar tentu akan sangat mengganggu proses pertumbuhan. Sangat penting untuk anda melakukan penyiangan secara rutin agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Gunakan cangkul untuk mempercepat proses penyiangan, sehingga tanaman tidak akan terganggu.

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Coklat

Hama dan penyakit pada tanaman pastinya sudah tidak asing lagi bagi semua pembudidaya tanaman. Begitu juga pada tanaman coklat yang dapat terkena penyakit dan hama, sehingga dapat menyebabkan kondisi tanaman menjadi lebih buruk. Buah cokelat yang dihasilkan pun akan terpengaruh dan tidak memiliki nilai yang sempurna.

Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk melakukan pemberantasan hama dan penyakit pada tanaman coklat. Gunakan alat semprot untuk membasmi hama-hama yang menyerang tanaman. Dengan begitu, pertumbuhan dan hasil buah coklat yang didapatkan akan berkualitas.

Panen Coklat

Hal yang paling dinanti-nantikan oleh para pembudidaya tanaman coklat adalah panen. Dimana hasil panen tersebut dapat anda jual di pasaran. Banyak orang yang membutuhkan buah coklat untuk dijadikan olahan. 

Panen coklat dapat dilakukan setelah mengalami masa tanam terlebih dahulu yaitu sekitar 2 – 3 tahun dan produktivitas tanaman coklat untuk berbuah bilamana usianya sudah 7 – 11 tahun. Untuk pertumbuhan buahnya menyesuaikan dengan musim yang terjadi.

Untuk memanen buah coklat, anda harus mengetahui karakteristik dari buah coklat yang sudah siap panen. Buah coklat akan bewarna orange dan tangkainya bewarna coklat, namun untuk varietas lainnya juga berbeda, ada yang bewarna merah bila sudah matang. Proses panen bisa dilakukan dengan tangan langsung atau menggunakan gunting. Tempatkan hasil panen di tempat yang sesuai.

Nah, bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman coklat, anda bisa mengikuti beberapat tips di atas supaya berhasil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar