--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Merica Yang Cepat Panen

tanaman kemiri (sumber wikipedia)

Merica merupakan salah satu bahan makanan berupa rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan yang satu ini. Jika anda sering ke dapur, anda akan sering menjumpai bahan makanan yang satu ini. Merica memiliki cita rasa yang khas, dimana merica dapat mmebuat makanan menjadi lebih lezat rasanya.

Dalam melakukan budidaya tanaman merica juga tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak hal yang harus anda ketahui supaya tanaman merica dapat dibudidayakan dnegan baik. Sehingga, anda akan mendapatkan hasil yang lebih banyak dari tanaman merica yang dipanennya. 

Banyak dari mereka yang menjadikan merica sebagai peluang bisnis dengan cara membudidayakannya dalam jumlah yang banyak. Untuk hasil keuntungan yang didapatkan juga cukup menggiurkan. Namun anda harus bisa membudidayakannya dengan baik dan benar agar menghasilkan merica yang berkualitas unggul.

Syarat Tumbuh Merica

Supaya tanaman merica bisa tumbuh, ada beberapa syarat tumbuh tanaman merica yang harus anda ketahui :

- Tanam merica di daerah yang memiliki curah hujan antara 2500 – 3000 mm per tahun.

- Mendapatkan sinar matahari kurang lebih 10 jam per hari dengan suhu udara 24 – 34 derajat.

- Untuk tanah yang baik digunakan memiliki ph 5 – 7.

- Ketinggian berada di antara 300 – 1500 m dari atas permukaan laut.

- Salah satu tanah yang baik untuk digunakan seperti tanah lateric, utisol, podsolik, dan lain sebagainya.

Persiapan Lahan

Dalam proses budidaya tanaman merica, anda harus mempersiapkan lahan yang cocok. Lahan yang diperlukan untuk tanaman merica yaitu di dataran yang luas jika anda ingin membudidayakannya dalam skala besar. Untuk tanaman merica kebanyakan ditanam di dataran tinggi. 

Lakukan pencangkulan pada tanah kurang lebih 50 cm dan gemburkan tanah terlebih dahulu supaya mudah untuk melakukan penanaman. Sebaiknya campurkan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya dengan tanah supaya baik untuk pertumbuhan tanaman merica nantinya.

Untuk difrementasikan, biarkan terlebih dahulu tanah dan pupuk kandang yang sudah digemburkan. Biarkan selama 2 minggu agar semua gas beracun yang ada pada tanah hilang dan tidak menggangu pertumbuhan tanah nantinya. 

Pembibitan

Setelah lahan sudah disiapkan, anda harus menyiapkan pembibitan tanaman merica. Pastikan anda menggunakan bibit yang berkualitas supaya tanaman dapat tumbuh dan berkembang secara efektif. Bibit yang unggul juga akan menentukan hasil merica yang didapatkan saat proses panen nantinya. Apabila bibit berkualitas, maka merica yang dihasilkan juga berkualitas.

Karakteristik bibit merica yang unggul meliputi :

- Terbebas dari hama dan juga penyakit.

- Bibit berasal dari tanaman induk yang sehat.

- Kemurnian bibit merica terjamin.

- Membutuhkan sekitar 2000 merica untuk satu hektar.

Anda bisa mendapatkan bibit di tempat penjualan bibit merica. Anda bisa membelinya di toko terdekat atau membelinya secara online. Membeli bibit lebih efektif karena sudah dilakukan proses pemilihan bibit yang baik. Sehingga kualitasnya akan lebih terjamin bilamana anda membelinya.

Penanaman 

Apabila anda sudah mendapatkan bibit merica, maka langkah selanjutnya adalah proses penanaman. Pastikan penanaman dilakukan dengan baik sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan. 

Buatlah lubang terlebih dahulu kurang lebih sekitar 50 cm, untuk ukuran bawah 40 x 15 dan ukuran atas 40 x 35 cm. Supaya kondisi tanah lebih efektif, anda bisa membiarkannya selama dua minggu sebelum penanaman. Untuk waktu yang baik dalam menanam merica adalah di musim hujan. Anda bisa melakukannya di waktu pagi hari ataupun sore.

Penanaman dilakukan dengan menaruh bibit ke dalam lubang yang sudah disediakan, tutup kembali dengan menggunakan tanah. Pastikan anda menutupnya sepadat mungkin supaya tanaman tidak mudah rusak baik karena goresan hujan atau hal lainnya. Jangan lupa untuk menyiramkan air setelah proses penanaman, hal ini ditujukan supaya tanaman dapat tumbuh secara efektif pada awal masa pertumbuhannya.

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Merica Yang Baik?

Setelah proses penanaman, anda harus melakukan perawatan tanaman supaya tumbuh dengan baik. Tanaman merica tidak akan tumbuh secara efektif bilamana perawatan yang dilakukan secara efektif. Perawatan sangatlah penting untuk dilakukan agar tanaman merica bisa menghasilkan buah yang berkualitas.

Proses perawatan yang dapat anda lakukan meliputi:

1. Penyiraman Tanaman Merica

Hal yang paling penting supaya tanaman tetap terjaga kesuburannya adalah dengan melakukan penyiraman secara rutin. Lakukan penyiraman setiap hari baik di waktu pagi ataupun sore hari. Waktu tersebut sangat efektif untuk melakukan penyiraman guna pertumbuhan tanaman yang baik.

Tanaman merica yang tidak disiram nantinya akan mudah layu. Bisa-bisa tanaman akan mati akibat tidak dilakukan penyiraman dengan baik. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk melakukannya. Apalagi jika umur tanaman masih muda, sangat penting untuk disiram secara terus menerus. Bila sudah berumur tua menyiram sekali sehari tidak menjadikan masalah.

2. Pemupukan Secara Berkala

Pemupukan pada tanaman merica ini bertujuan agar hasil merica yang didapatkan pada saat panen nanti berkualitas. Banyak tanaman merica yang memberikan hasil mengecewakan seperti merica yang rusak, ukurannya tidak normal, dan lain sebagainya.

Hal itu dikarenakan kurangnya pemupukan, khususnya ketika umur tanaman merica masih muda. Anda harus rutin dalam melakukan pemupukan secara berkala. Dengan begitu, tanaman merica akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Merica yang dihasilkan tentu akan berkualitas sesuai apa yang diharapkan.

3. Pemberantasan Hama

Selain penyiraman dan pemupukan, ada hal penting lainnya yang harus anda lakukan untuk perawatan tanaman merica, yakni memberantas hama. Setiap tanaman pastinya akan ada cobaanya ketika hama menyerangnya. Begitu juga pada tanaman merica yang pastinya ada hama yang menempel pada tanaman tersebut.

Anda harus melakukan pemberantasan segera mungkin supaya tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman merica. Gunakan saja obat pemberantas hama yang bisa didapatkan di toko. Lakukan secara berkala supaya tanaman merica dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Ketiga hal tersebut menjadi salah satu perawatan yang sangat penting untuk dilakukan. Banyak dari mereka yang gagal dalam melakukan budidaya tanaman merica hanya karena tidak konsisten dalam melakukan perawatan.

Proses Panen Tanaman Merica

Tanaman merica barus bisa dipanen apabila sudah berusia kurang lebih 3 tahun. Usia tersebut menjadi matangnya merica dan anda harus segera melakukan pemanenan. Untuk karakteristik dari tanaman merica yang siap panen meliputi :

- Tangkai biji terlihat menguning

- Warna buah kuning agak kemerahan

- Tanaman sudah tumbuh besar

Untuk proses pemanenannya dilakukan dengan cara mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan dengan menggunakan tangan. Hasil banyaknya panen yang didapatkan tergantung dari pembudidaya itu sendiri, apabila mampu melakukannya dengan baik dan benar maka panen yang didapatkan akan banyak dan berkualitas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar