--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Bawang Merah yang Cepat Panen

Cara Budidaya Tanaman Bawang Merah yang Cepat Panen
daun bawang (sumber wikipedia)

Semua orang tentu mengetahui bahwa bawang merah adalah salah satu tanaman yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Pasalnya bawang merah adalah salah satu tanaman yang seringkali digunakan sebagai bumbu aneka masakan. Hal ini terbukti ketika bawang merah sulit di dapatkan akibat ulah para pedagang nakan yang seringkali menimbunnya, sehingga membuat bawang merah menjadi sulit di dpatkan dan harganya menjadi semakin melonjak atau mahal. Jika anda ingin membudidaya tanaman bawang merah, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara melakukan budidaya yang tepat dan benar. Hal ini bertujuan agar anda tidak mengalami kegagalan sewaktu membudidaya tanaman bawang merah ini.

Bawang merah juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi, sehingga akan sangat menguntungkan jika anda membudidayakan tanaman ini, tidak hanya itu saja bawang merah di Indonesia juga seringkali di ekspor ke Negara lain sehingga membuat pemasaran dari bawang merah semakin mudah. Selain untuk dijadikanbumbu maskan, bawang merah juga seringkali digunakan untuk keperluan lain, dimana bawang merah pada dasarnya memang memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan antioksidan pada bawang merah mampu melawan radikal bebas. Selain itu bawnag merah juga bisa digunakan sebagai anti bakteri atau anti mikrobia, antioksidan yang terkandung didalamnya akan menarik dan mengikat bakteri yang ada disekitar bawang merah tersebut, sehingga akan sangat menguntungkan dan menyehatkan jika pada setiap sudut rumah anda diberi potongan atau irisian dari bawnag merah ini.

Membudidaya bawang merah tidaklah segampang yang anda bayangkan, butuh teknik pemeliharaan dan perawatan yang tepat. Nah jika anda ingin berhasil dalam membudidaya tanaman bawang merah, sebaiknya anda membaca panduan cara budidaya tanaman bawang merah yang cepat panen dengan hasil yang optimal. Panduan tersebut dapat and abaca pada ulasan yang ada di bawah ini:

Syarat Tumbuh Bawang Merah

Seperti halnya dengan beberapa tanaman budidaya lainnya, tanaman bawang merah juga memiliki syarat tumbuh agar para petani bawang merah lebih memperhatikan lagi tanaman yang akan mereka budidaya. Adapun syarat tumbuh tanaman bawang merah diantaranya adalah:

1. Suhu

Suhu adalah salah satu syarat tumbuh dari tanaman bawang merah, adapun suhu yang tepat untuk pertumbuhan tanaman bawang merah adalah sekitar 25-320C. jika suhunya terlalu panas ataupun terlalu dingin maka pertumbuhan bawang merah akan terganggu dan menjadi tidak optimal. Oleh sebab itu jika anda ingin membudidaya tanaman bawang merah sebaiknya anda melakukan survei lapangan terlebih dahulu termasuk mengukur suhunya.

2. Kelembaban Udara

Sayarat tumbuh selanjutnya adalah kelembaban udara, dimana kelembaban udara yang baik sebai syarat tumbuh tanaman bawang merah adalah sekitar 50-70%.  Jika kelembaban udaranya terlalu rendah ataupun terlalu tinggi akan sangat tidak baik untuk pertumbuhan tanaman bawang merah sebab hal itu akan memicu munculnya berbagai masalah yang diakibatkan oleh hama maupun penyakit.

3. Intensitas Cahaya

Pertumbuhan bawang merah sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari, pastikan jika anda membudidaya tanaman bawang merah carilah lahan yang dapat terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari adalah faktor utama yang dapat mempengaruhi laju fotosintesis.

4. Jenis Tanah

Syarat tumbuh yang selanjutnya adalah jenis tanaha yang akan digunakkan sebagai media tanam. Dimana tanah yang akan digunakan sebagai lahan penanaman harus subur dan gembur. Sbeba tanaha yang subur tentu mengandung banyak sekali unsur hara yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman bawang merah. Jenis tanah yang paling tepat untuk menanam bawang merah adalah tanah alluvial yang memiliki pH berkisar 5,6-6,5.

Cara Memilih Benih Bawang Merah

Tahap awal dalam budidaya tanaman adalah persiapan lahan dan juga pemilihan benih yang akan dijadikan sebagai bibit, dimana untuk membuat bibit tanaman bawang merah ini terbilang sedikit sulit. Oleh sebab itu anda perlu hati-hati dan teliti ketika memilih benih, pastikan anda sudah memiliki pengalaman ataupun sudah membaca bebrapa referensi tentang tata cara memilih benih bawang merah, agar bibit yang akan tanam memiliki kualitas yang sangat baik Nah berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan ketika hendak memilih benih tanaman bawang merah:

• Pilihlah  benih bawang merah yang memiliki kualitas baik.

• Benih yang baik untuk disemai adalah benih bawang merah sehat dan dipanen saat usia tua sekitar 80-100 hari.

• Selain berusia tua, bawang merah yang akan anda jadikan sebagai benih setidaknya harus disimpan terlebih dahulu selama kurang lebih 2-3 bulan.

• Pastikan benih bawang merah sudah anda sortir, pilihlah benih yang memiliki ukuran dan bentuk yang seragam.

• Benih yang bagus adalah benih yang memiliki bentuk bagus, tidak cacat, memiliki warna merah mengkilap.

Cara Membuat Bibit Bawang Merah

Ada beberapa cara pembuatan bibit yang dapat anda lakukan, salah sau cara yang dapat memudahkan anda dalam pembuatan bibit adalah dengan menyemai bibit bawang merah pada spon. Seperti yang anda ketahui, bahwa spon ini dapat menyerap dan menampung air, sehingga jika anda menymai bibit pada spon anada tidak perlu khawatir bila bibit anda kekurangan air. Adapun cara menyemai bibit bawang merah pada spon adalah sebagai berikut:

• Benih bawang merah yang sudah disiapkan, dipotong pada bagian ujungnya untuk mempercepat proses pertumbuhan tunas.

• Rendam benih atau umbi bawang merah  denga suplemen organik cair spesialis tanaman pangan dan rendam selama kurang lebih 30 menit.

• Setelah 30 menit angkatlah benih tersebut dan benih siap untuk disemaikan.

• Gunakan spon untuk melakukan penyemaian.

• Tanamkan benih pada spon yang sebelumnya sudah dibasahi agar tetap lembab dan mempermudah perakaran.

• Lakukan pemantaun dan penyiraman secara berkala sampai proses penyemaian selesai.

Cara Menanam Benih ataupun Bibit Pada Lahan Tanam

• Siapkan dan bersihkan lahan dari hama ataupun gulma penggangu.

• Ratakan dan gemburkan tanah dengan alat bajak ataupun cangkul.

• Buatlah bedengan dan campurkan dnegan pupuk organik.

• Buatlah lubang kecil seukuran umbi bawang merah pada permukaan tanah atau bedengan.

• Masukkan dan benamkan seluruh bagian umbi ke dalam tanah.

• Tutup lubang yang sudah di isi umbi dengan tanah hingga tertutup seluruhnya.

• Setelah itu siramlah tanah hingga lembab agar benih ataupun bibit dapat tumbuh dengan baik.

• Lakukanlah perawatan dan pemeliharaan bibit agar bisa memberikan hasil panen yang optimal.

Cara Merawat Tanaman Bawang Merah

Pemeliharaan dan perawatan tanaman bawang merah tidak beda jauh dari cara merawat tanaman budidaya lainnya, dimana perawatan dan pemeliharaan tanaman bawang merah ini tentu akan menyita perhatian dan waktu anda. cara budidaya tanaman bawang merah agar cepat panen dan bisa mendapatkan hasil yang melimpah memang butuh tenaga yang cukup besar. cara merawatnya dapat anda mulai dengan melakukan penyulaman, penyiangan, penyiraman, pemupukan, pengobatan, dan juga pemantauan terhadapp serangan hama maupun gulma. Perawatan dan pemeliharaan ini harus benar-benar anda lakukan dengan baik, agar bawang merah yang anda budidaya dapat membuahkan hasil yang memuaskan sebanding dengan tenaga dan biaya yang telah anda keluarkan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar