--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Tebu Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Tanaman Tebu Yang Cepat Panen
tanaman tebu (sumber wikipedia)

Tebu merupakan salah satu makanan yang memiliki cita rasa khas tersendiri, yakni rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya. Tebu sendiri sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Tak heran jika ada banyak orang yang mengonsumsi tebu.

Tanaman yang satu ini mudah dijumpai di berbagai tempat, banyak orang yang menanam tebu, baik itu di halaman rumah, sawah, atau tempat tertentu lainnya. Tanaman tebut terbilang sangat mudah bila dibudidayakan. Dimana tebu dapat ditanam di daerah manapun, baik itu dataran rendah ataupun dataran tinggi. 

Untuk membudidayakan tanaman tebu, anda juga harus memperhatikan beberapa faktor penting agar budidaya yang dilakukan berhasil. Jika anda melakukannya secara asal-asalan, tanaman tebu yang ditanam tidak akan tumbuh dengan baik. Meskipun tumbuh pun belum tentu memiliki rasa yang lezat.

Persiapan Lahan Budidaya Tebu

Setiap orang yang ingin budidaya tanaman harus memiliki lahan yang akan digunakan. Lahan yang digunakan sesuai dengan keinginan si pembudidayanya, semakin luas maka semakin besar kesempatan untuk hasil panen tebu yang ditanam. Begitu juga sebaliknya, jika lahannya sempit dan kecil, maka anda akan mendapatkan hasil panen yang sedikit.

Untuk lahan yang digunakan bisa dimanapun karena tanaman tebu dapat tumbuh di daerah manapun. Sangat penting bagi anda untuk mempersiapkan lahan untuk budidaya tanaman tebu. Hal ini akan menentukan pertumbuhan tanaman tebu, bila lahan yang disiapkan baik maka hasil tanaman yang didapatkan juga akan baik. Tanaman tebu akan tumbuh di tanah yang memiliki ph antara 5,7 – 7. 

Persiapan Bibit Tanaman Tebu

Bibit tanaman tebu yang akan dibudidayakan harus memiliki kualitas yang baik agar tanaman tebu yang dihasilkan bisa lebih banyak dan berkualitas unggul. Anda bisa mendapatkan bibit dengan cara membelinya di toko terdekat atau tempat penjualan bibit. Biasanya setiap penyedia bibit tanaman tebu sudah melakukan filterisasi terhadap bibit tebu yang dijual.

Mutu bibit yang baik akan memberikan efek yang baik terhadap pertumbuhan tanaman tebu. Daya tumbuh bibit tanaman tebu krang lebih 90%, untuk tingkat kemurniannya yaitu >95%, batang normal varietas dan bibit akan terlihat lebih sehat.

Terdapat beberapa macam jenis bibit tanaman tebu yang bisa anda pilih seperti berikut :

- Rayungan

- Bagal

- Lonjoran 

- Beberan

- Bibit pucuk

Gunakan bibit sesuai keinginan anda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Selain itu, setiap bibit juga memiliki kecocokan pada tempat penanamannya baik di daerah yang karing ataupun perairan. Anda bisa mengkondisikannya sesuai dengan kondisi lahan yang anda miliki untuk budidaya tanaman tebu.

Proses Penanaman

Sebelum menanamnya, sebaiknya anda tentukan waktu yang tepat agar tebu yang sudah ditanam dapat tumbuh dengan baik. Waktu yang paling efektif untuk penanaman adalah di sore hari. Dimana waktu tersebut akan memberikan kesuburan lebih cepat di awal pertumbuhannya. 

Proses penanaman dapat dilakukan dengan membuat lubang terlebih dahulu pada lahan yang sudah disediakan. Setelah itu, masukan bibit yang sudah disiapkan ke dalam lubang, tutup kembali dengan menggunakan tanah. Pastikan arah tunas sudah benar supaya tidak terbalik dalam menanamnya. Proses penanaman sudah anda lakukan dengan baik.

Perawatan Tanaman Tebu

Perawatan pada tanaman tebu sebetulnya tidak terlalu sulit, setelah penanaman dilakukan, tebu juga akan kuat tumbuh dalam kondisi apapun. Namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang berkualitas, maka perawatan yang efektif sangatlah penting untuk dilakukan. Beberapa perawatan penting dalam membudidayakan tanaman tebu sebagai berikut :

1. Penyiraman

Siram tanaman tebu setelah proses penanaman untuk mendapatkan kesegaran dari air yang sudah diberikan. Penyiraman dapat anda lakukan secara rutin setiap hari dua kali. Ketika masih awal pertumbuhan, tanaman tebu membutuhkan banyak air, namun bila sudah besar tebu akan tetap kuat dalam kondisi apapun meski jarang dilakukan penyiraman.

2. Pemupukan

Apakah anda ingin mendapatkan hasil yang berkualitas dalam menanam tebu? Melakukan pemupukan sangatlah penting bagi pertumbuhan tanaman supaya dapat berkembang dengan baik. Selain itu, hasil tebu yang didapatkan nantinya juga akan lebih besar dan memiliki rasa yang lezat. Sangat penting untuk melakukan pemupukan pada proses perawatan tanaman tebu.

3. Penyulaman

Penyulaman merupakan salah satu proses perawatan yang dilakukan dengan cara mengganti bibit yang sudah mati atau tidak tumbuh. Biasanya penyulaman dilakukan ketika tanaman sudah berumur 4 minggu. Apabila ada yang tidak tumbuh dengan baik, maka penyulaman perlu dilakukan.

4. Pembubuhan

Pembubuhan juga menjadi perawatan yang penting untuk anda lakukan supaya tanaman tebu tetap dalam kondisi baik. Pembubuhan dilakukan 4 kali ketika umur 1 bulan, 2-2,5 bulan, 3-3,5 bulan, dan 4-5 bulan. Dengan melakukan pembubuhan akan memberikan kekokohan pada tanaman tebu nantinya.

Hal yang paling penting adalah, anda harus selalu mengecek kondisi tanaman apakah dalam kondisi baik atau tidak. Bilamana ada sesuatu yang mengganjal, segera mungkin lakukan tindakan agar tanaman dapat tumbuh dnegan baik.

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Tebu

Tanaman tebu juga memiliki banyak penyakit yang cukup mengenaskan. Hal ini dikarenakan tanaman tebu saling rapat, apabila salah satunya terkena penyakit bisa saja menular dengan mudah ke tanaman lainnya. Hal ini sangat penting untuk anda perhatikan agar tanaman tebu tetap terjaga kondisinya.

Anda bisa menggunakan obat pemberantas hama dan penyakit untuk membasmi semua hama dan penyakit pada tanaman tebu. Lakukan secara berkala supaya tidak ada hama lagi yang menyerang tanaman tebu. Untuk mendapatkan obat hama tersebut anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko terdekat.

Panen Tebu

Panen tebu sudah dapat dilakukan ketika umurnya sudah 4 – 10 bulan. Dimana tanaman tebu sudah terlihat besar dan tinggi. Anda bisa langsung mencabut dengan akarnya sekaligus untuk mendapatkan tebu yang sudah ditanam. Sisakan tiga ruas tanaman tebu jika anda ingin tumbuh kembali, potong saja dengan menggunakan pisau yang tajam.

Manfaat Budidaya Tanaman Tebu

Membudidayakan tanaman tebu tentu tidak dilakukan sembarangan, banyak dari mereka yang melakukannya karena ada peluang besar yang bisa didapatkan dari hasil budidaya tanaman tebu tersebut. Tebu tersebut nantinya akan dijualkan di pasaran dan anda akan mendapatkan keuntungan melalui penjualan tersebut.

Selain itu, anda juga dapat mengonsumsinya sendiri tebu tersebut. Anda bisa membuat makanan atau minuman dari tebu sesuai dengan inovasi dan ide kreatif yang anda miliki. Akan sangat bermanfaat juga bagi orang lain yang menyukai tebu untuk dikonsumsi. 

Dengan melihat beberapa cara budidaya tanaman tebu tersebut, anda akan mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Hasil panen tebu akan berkualitas dan dapat dijual di pasaran atau dikonsumsi sendiri. Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakannya bisa mencobanya langsung.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar