--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang Yang Cepat Panen
kacang panjang (sumber wikipedia)

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka yang suka mengonsumsi kacang panjang karena memiliki nutrisi yang sangat baik. Kacang panjang juga sangat bermanfaat untuk tubuh supaya tetap terjaga kesehatannya.

Jenis sayuran yang satu ini disukai oleh semua kalangan, baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Kacang panjang sering dijadikan sebagai sayur makanan sehari-hari karena memiliki cita rasa yang lezat. Siapapun yang mencicipinya pasti akan ketagihan bilamana mengonsumsi makanan yang satu ini. 

Melihat itu, banyak orang yang membudidayakan tanaman kacang panjang. Sudah ada banyak orang yang membudidayakan tanaman kacang panjang baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual ke orang lain supaya dapat menikmatinya. Hal ini juga akan memberikan manfaat supaya mendapatkan keuntungan melalui penjualan kacang panjang yang dilakukan.

Persiapan Lahan

Langkah awal yang harus anda lakukan dalam budidaya tanaman kacang panjang adalah mempersiapkan lahannya terlebih dahulu. Lahan yang dibutuhkan untuk tanaman kacang panjang harus subur. Anda bisa menanam tanaman kacang panjang di dataran rendah. Pastikan lahan yang digunakan benar-benar terhindar dari racun.

Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul atau traktor untuk mempermudah prosesnya. Jangan lupa untuk membuat bedengan agar lahan dapat digunakan secara efektif. Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada tanah agar kondisinya tetap efektif. Dengan begitu, lahan untuk penanaman tanaman kacang panjang sudah siap digunakan.

Pembibitan dan Penanaman

Sambil menunggu lahan siap digunakan, anda bisa melakukan pembibitan terlebih dahulu. Untuk pembibitan bisa dilakukan di lahan yang sudah disiapkan langsung atau menggunakan polybag. Akan lebih simpel jika anda langsung menerapkannya pada lahan yang sudah disiapkan. Pastikan bibit yang anda pilih benar-benar berkualitas unggul agar hasil yang didapatkan juga berkualitas.

Anda bisa mendapatkan benih yang berkualitas dengan membelinya di toko penjual bibit tanaman. Biasanya bibit yang dijual di toko atau tempat penjualan bibit sudah dikelola dengan baik. Sehingga, hasil tanaman yang dihasilkan pun akan memberikan dampak yang baik nantinya.

Untuk menanam bibit ke dalam lahan yang sudah disiapkan, langsung saja buat lubang terlebih dahulu dengan menggunakan alat yang sudah disediakan. Untuk kedalaman yang diperlukan kurang lebih 5 cm. Supaya bibit bisa tumbuh lebih optimal, anda bisa merendamnya terlebih dahulu dan campur dengan menggunakan zpt auxin. Hal ini akan membantu proses pertumbuhan menjadi lebih baik.

Bila sudah, masukan bibit yang sudah disediakan ke dalam lubang tersebut, kemudian tutup kembali menggunakan tanah. Pastikan anda menutupnya serapat mungkin supaya tanaman tidak mudah roboh atau rusak bilamana terkena goncangan. 

Untuk proses penanaman tanaman kacang panjang sebaiknya dilakukan di waktu yang tepat. Anda bisa menanamnya di pagi atau sore hari, waktu tersebut paling efektif untuk menanam tanaman kacang panjang. Hal ini dikarenakan tidak ada pancaran sinar matahari yang terlalu panas seperti di siang hari. Dengan begitu, tanaman akan langsung mengalami pertumbuhan yang efektif. Biasanya kendala yang sering terjadi pada tanaman kacang tidak tumbuh dengan baik yaitu layunya tumbuhan yang bisa menyebabkan kematian.

Pemasangan Ajir 

Tanaman kacang panjang akan tumbuh ke atas dengan cara merambat. Dengan menempatkan ajir menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan bambu yang sudah dibelah dan disasak kemudian ditancapkan ke tanah dan disilangkan. Jangan lupa untuk mengikat pada bagian atasnya supaya tidak mudah roboh. 

Dengan dilakukannya pemasangan ajir akan menjadikan tanaman lebih terhindar dari serangan hama dan penyakit. Dengan begitu, tanaman kacang panjang akan tumbuh dengan baik secara efektif. Nantinya kacang pancang akan merambat ke atas mengikuti benda yang sudah ditancapkan. Untuk buah yang dihasilkan akan menggelantung ke bawah dengan sendirinya.

Perawatan Tanaman Kacang Panjang

Membudidayakan tanaman kacang panjang tidak hanya ditanam saja kemudian dibiarkan sampai tumbuh dan memberikan hasil. Perawatan sangat penting untuk diterapkan agar tanaman kacang panjang dapat tumbuh dengan baik. Beberapa perawatan yang perlu dilakukan seperti berikut!

1. Penyiraman

Penyiraman sudah menjadi salah satu hal yang paling penting dalam proses perawatan tanaman kacang panjang. Tanpa adanya air, tanaman kacang panjang tidak akan tumbuh dengan baik. Nutrisi yang dibutuhkan tentu akan kurang, hal ini bisa menyebabkan kematian pada tanaman kacang apabila kurang air.

Penyiraman dapat anda lakukan secara rutin yaitu dua kali sehari. Anda bisa melakukannya setiap pagi dan sore agar tanaman tetap terjaga kondisinya. Dengan melakukan penyiraman secara rutin akan membuat tanaman kacang panjang tetap terjaga kesegarannya.

2. Pemupukan

Selain penyiraman, pemupukan juga menjadi salah satu perawatan yang sangat penting untuk anda lakukan. Pupuk mengandung banyak manfaat yang baik untuk pertumbuhan tanaman kacang panjang menjadi lebih cepat. Anda bisa membedakannya sendiri antara tanaman yang diberi pupuk dengan yang tidak. Bukan itu saja, hasil kacang panjang yang didapatkan juga akan lebih berkualitas bila tanaman rutin diberi pupuk.

Anda bisa mendapatkan pupuk di toko yang menjualnya, ada banyak sekali jenis pupuk yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih pupuk yang cocok untuk tanaman kacang panjang supaya tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

3. Pemberantasan Hama

Salah satu hal yang sangat mengganggu proses pertumbuhannya tanaman kacang panjang adalah adanya hama dan juga penyakit. Hal itu juga dapat mempengaruhi hasil dari kacang panjang yang didapatkan. Beberapa kendala yang sering terjadi seperti kacang panjang memiliki ukuran yang pendek, terdapat lubang pada kacang panjang, dan lain sebagainya.

Jika anda mengalami hal seperti itu, pastinya anda ingin sekali untuk memberantasnya supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik. Anda bisa menggunakan obat pembasmi hama yang bisa didapatkan di toko terdekat. Dengan obat pemberantas hama akan membuat tanaman tetap terjaga kondisinya dengan baik. Semua hama pun akan hilang dengan seketika.

Panen Kacang Panjang

Apabila beberapa tahap di atas sudah dapat anda lakukan dengan baik, maka anda tinggal masuk ke tahap pemanenan. Untuk panen kacang panjang yang dihasilkan menyesuaikan dari proses budidaya yang anda lakukan. Apabila anda melakukannya dengan baik dan benar, maka hasil yang didapatkan akan menyesuaikan usaha yang sudah dilakukannya. Anda akan mendapatkan kacang panjang sesuai yang diharapkan.

Tanaman kacang panjang sudah siap dipanen bilaman usianya sudah 50-60 hari setelah penanaman dilakukan. Panen dapat anda lakukan di waktu pagi dan sore hari supaya kondisi kacang panjang tetap terjaga kesegarannya. Tempatkan pada wadah yang sudah disediakan dan hasil panen sudah siap untuk dijual di pasaran.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman kacang panjang. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya hasil budidaya yang dilakukan berhasil. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar