--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Terong Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Tanaman Terong Yang Cepat Panen
tanaman terong (sumber wikipedia)

Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak diminati oleh orang-orang. Sayuran yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat. Tak heran jika ada banyak orang yang minat untuk mengonsumsi jenis sayuran yang satu ini. Olahannya pun beragam, setiap orang memiliki kesenangan tersendiri dalam mengolah terong menjadi makanan favoritnya.

Terong dapat dijumpai di warung penjual sayuran, harganya yang terjangkau menjadikan sayuran yang satu ini banyak diburu pelanggan. Akan tetapi, bila anda menanamnya sendiri tentu akan lebih efektif dibandingkan harus membelinya. Selain menghemat keuangan, anda juga dapat menikmati terong yang segar setelah memetik langsung dari pohonnya. Bahkan dengan membudidayakan terong juga dapat dijadikan peluang usaha.

Sudah ada banyak orang yang membudidayakan tanaman terong. Namun untuk melakukannya, anda harus memperhatikan berbagai macam hal penting supaya budidaya yang dilakukan berhasil. 

Persiapan Lahan Untuk Tanaman Terong

Mempersiapkan lahan yang digunakan untuk tanaman terong menjadi salah satu hal yang paling penting dalam proses budidaya terong. Bila anda tidak memiliki lahan, maka proses budidaya tanaman terong tidak bisa dijalankan. Untuk itu, anda harus mempersiapkan lahannya terlebih dahulu.

Pastikan lahan yang digunakan memiliki kualitas tanah yang subur, jika perlu anda menggemburkannya terlebih dahulu supaya proses penanamannya bisa menjadi lebih mudah. Semakin luas lahan yang digunakan maka semakin besar hasil panen tanaman terong yang didapatkan nantinya. 

Selain itu, anda bisa mencampurkan tanah dengan pupuk organik, anda bisa menggunakan pupuk kandang yang mudah didapatkan. Setelah itu, biarkan kondisi tanah selama 2 minggu untuk menghilangkan zat beracun pada tanah. 

Proses Pembibitan dan Penyemaian Tanaman Terong 

Bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman terong, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pembibitan. Pilih bibit yang unggul dan berkualitas supaya terong yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik. Untuk mendapatkan bibit tanaman terong, anda bisa membelinya di toko terdekat yang menjual tanaman terong. Ada banyak sekali penjual bibit tanaman terong yang bisa anda pilih untuk dibeli.

Setelah bibit sudah didapatkan, anda harus melakukan penyemaian bibit tanaman terong. Anda harus menyiapkan media yang digunakan meliputi :

1. Polybag atau Pot

Salah satu media yang paling penting untuk anda lakukan penyemaian pada tanaman terong adalah polybag atau pot. Media yang satu ini nantinya digunakan untuk menanam bibit yang masih kecil supaya menghasilkan bibit yang unggul untuk ditanam di lahan.

2. Tanah 

Tanah yang digunakan adalah tanah yang subur. Itu artinya tanah tersebut memiliki kandungan zat yang baik untuk tanaman. Tanah tersebut nantinya dimasukan ke dalam polybag atau pot yang sudah disediakan.

3. Pupuk untuk Tanah

Supaya tanah yang digunakan untuk penyemaian lebih efektif, anda bisa mencampurkannya dengan menggunakan pupuk. Anda bisa menggunakan pupuk kandang yang lebih efektif dan mudah didapatkan. 

Apabila media penyemaian sudah disiapkan, maka anda bisa memulai untuk proses penyemaian bibit tanaman terong. Campurkan tanah dan juga pupuk kandang terlebih dahulu, kemudian masukan ke dalam pot atau polybag setengah terlebih dahulu. Kemudian taruh bibit terong ke polybag atau pot dan tutup dengan menggunakan tanah. 

Setelah itu, biarkan bibit yang sudah ditanam selama 2 Minggu untuk sampai tumbuh agak besar. Setelah itu, bibit sudah siap ditanamkan ke lahan yang sudah disiapkan.

Proses Penanaman

Proses penanaman dapat anda lakukan dengan cara mengambil benih yang sudah siap ditanam di lahan yang sudah disediakan. Buat lubang terlebih dahulu dengan kedalaman secukupnya. Berikan jarak antar masing-masing tanaman terong yang satu dengan yang lainnya. Pastikan juga posisi terong yang ditancapkan tegak lurus supaya proses pertumbuhannya lebih efektif. 

Jangan lupa untuk memberikan tongkat sebagai penopang untuk perambatan tanaman terong tersebut. Dengan begitu, tanaman terong tidak akan roboh karena tersangga oleh tongkat tersebut. 

Perawatan Tanaman Terong

Salah satu hal yang sangat penting dalam budidaya tanaman terong adalah perawatan yang harus anda lakukan pada tanaman. Perawatan akan berdampak pada pertumbuhan tanaman menjadi lebih efektif. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan seperti berikut!

1. Penyiraman 

Penyiraman sudah menjadi hal yang paling penting untuk anda lakukan dalam merawat tanaman terong. Gunakan air secukupnya untuk merawat tanaman terong tersebut. Lakukan penyiraman secara rutin setiap harinya 2 kali sehari, yakni di waktu pagi dan sore. Tujuan dilakukan penyiraman agar tanaman dapat tumbuh secara efektif dan mendapatkan nutrisi sesuai yang dibutuhkan.

2. Pemupukan

Supaya tanaman terong bisa menghasilkan buah yang berkualitas, anda harus melakukan pemupukan terhadap tanaman terong setelah penanaman. Lakukan secara berkala agar hasil buah yang didapatkan berkualitas. Pupuk mengandung bahan-bahan alami yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman secara efektif.

3. Pemberantasan Hama

Hama dan penyakit menjadi salah satu hal yang paling menyebalkan bilamana terdapat dalam sebuah tanaman yang dipelihara. Untuk itu, hama yang menyerang tanaman terong harus segera diberantas dengan menggunakan obat pembasmi hama. Anda bisa mendapatkannya di toko terdekat mengenai obat pembasmi hama pada tanaman terong.

Apabila perawatan dapat dilakukan dengan baik, maka hasil panen yang didapatkan nantinya juga akan sangat baik dan berkualitas. 

Panen Terong

Panen terong dapat anda lakukan bilamana usianya sudah menginjak 2,5 – 3 bulan, anda dapat memanennya 3-7 hari sekali. Untuk proses pemetikan bisa langsung dari buahnya saja yang menggelantung di pohon. Pilih buah terong yang ukurannya sudah besar dan matang yang siap dipanen.

Dalam satu kali musim panen terong, pemanenan dapat dilakukan 24 kali. Jika anda mampu merawatnya dengan baik, maka hasil panen yang didapatkan akan lebih banyak. Kualitas yang dihasilkan pun sudah tidak diragukan lagi. Anda akan mendapatkan hasil tanaman terong yang berkualitas sesuai yang diharapkan.

Manfaat Budidaya Terong

Apabila anda membudidayakan tanaman terong, anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal. Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan untuk budidaya tanaman terong yaitu sebagai berikut!

- Menjadi Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Manfaat yang bisa anda dapatkan dalam membudidayakan tanaman terong adalah mendapatkan keuntungan. Anda bisa menjual terong hasil budidaya ke pasaran, ada banyak sekali orang yang suka mengonsumsinya. Pastinya terong akan laku di pasaran bila anda menjalankannya.

- Dikonsumsi sendiri

Selain dijadikan peluang usaha, anda juga dapat mengonsumsinya sendiri. Terong memiliki kandungan yang sangat tinggi gizinya. Sehingga, terong akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Makanan yang mudah didapatkan dan memiliki gizi yang tinggi, kebangeten jika anda tidak mengonsumsinya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara budidaya tanaman terong yang dapat kami sampaikan. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, anda pastinya akan mendapatkan hasil panen sesuai yang diharapkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar