--> Skip to main content

Cara Budidaya Wortel yang Cepat Panen

Cara Budidaya Wortel yang Cepat Panen
tanaman wortel (sumber wikipedia)

Wortel adalah salah satu tanaman yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Perlu anda ketahui bahwa wortel adalah tanaman yang memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi dan bisa dikonsumsi dengan berbagai macam olahan. Wortel adalah salah satu tanaman umbi-umbian berwarna kuning kemerahan atau lebih cenderung berwarna orange. Tanaman wortel sendiri berasal dari wilayah Asia lebih tepatnya di sekitar Asia Timur sampai Asia Tengah. Di daerah tersebut para petani seringkali menanam wortel untuk dibudidayakan, namun saat ini semakin berkembangnya zaman persebaran tanaman ini semakin meluas dan semakin banyak daerah-daerah yang mengembangkan cara budidaya wortel yang cepat panen. 

Membudidaya wortel ini sebenarnya juga tidak terlalu sulit jika anda sudah mengetahui cara penanaman yang tepat, dan yang palin utama anda harus bisa melihat dan memahami cuaca ataupun lahan yang tepat untuk menanam wortel ini seperti apa.  Jika daerah anda gersang dan tandus, otomtis tanaman ini tidak dapat tumbuh dengan baik, kalaupun tumbuh mungkin justru tidak bisa berkembang. Agar anda berhasil dalam membudidaya tanaman wortel ada baiknya jika anda menyimak beberapa ulasan yang ada di bawah ini.  Dimana ulasan ini akan membahas tentang cara budidaya tanaman wortel yang cepat panen dan tentunya dengan hasil panen yang sangat melimpah.

Syarat Utama Agar Wortel Tumbuh dengan Baik

1. Kondisi Tanah

Saat anda ingin membudidaya tanaman wortel, yang paling penting anda harus tahu betul media tanam yang tepat untuk tanaman wortel. Tanaman wortel dapat tumbuh dengan tingkat keasaman tanah sekitar 5,5-6,5 pH dan dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi dengan tingkat kesuburan tanah yang memadai. Tanaman wortel sangat cocok untuk anda tanam di tanah jenis alluvial, andosol, latosol, dan regosol, tanah jenis ini dapat anda jumpai di dataran tinggi atau di daerah pegunungan.

2. Suhu yang Memadai

Sselain tanah faktor utama penentu pertumbuhan wortel adalah suhu, dimana suhu optimal agar wortel yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik adalah sekitar 15,6-21,10C.

3. Curah Hujan yang Cukup

Curah hujan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan tanaman, sebab curah hujan ini sangat berpengaruh pada air tanah dimana air tanah ini akan diserap oleh tenaman wortel sebagai syarat utama untuk pertumbuhannya. Apabila kondisi air di dalam tanah sangat berlimpah dapat menyebabkan beberapa masalah pada pertumbuhan tanaman wortel. Sebab jika tanaman wortel terkepung atau tergenan air dapat menyebabkan munculnya bebrapa penyakit misalnya penyakit yang disebabkan oleh jamur. Namun jika tanaman wortel anda kekurangan air maka pertumbuhannya juga tidak akan menjadi optimal. Oleh sebab itu sebaiknya nada memastikan kecukupan airnya agar tidak kelebihan tau kekurangan.

4. Kelembaban Udara

Dalam budidaya tanaman wortel kelembabab udara yang tepat adalah berada pada kisaran 80-90%. Jika angka kelembaban udaranya sangat tinggi maka penyakit atau masalah yang dialami oleh tanaman wortel anda juga akan meningkat. Sebab jamur dan cendawan akan lebih mudah tumbuh pada lokasi dengan kelembaban tinggi.

5. Cahaya Matahari

Jika cahaya matahari yang diterima oleh tanaman wortel anda terpenuhi, maka tanaman wortel anda juga akan memiliki tumbuh kembang yang baik. Dimana cahaya matahari ini merupakan syarat utama bagi tumbuhan atau tanaman untuk melakukan fotosintesis yang tentunya akan berdampak pada pertumbuhan umbi wortel yang lebih cepat dan lebh baik.

Gunakan Bibit Berkualitas

Dalam membudidaya tanaman tentu harus menggunakan bibit dengan kualitas yang sangat baik agar hasil panen dari tanaman yang anda budidaya juga dapat melimpah. Dalam memilih bibit anda dapat menggunakan dua cara, dimana yang pertama adalah dengan membeli bibit dari toko pertanian dan yang kedua adalah dengan cara membuat bibit sendiri yang diambil dari indukan yang memiliki kualitas unggul. Nah jika anda ingin membuat bibit sendiri agar anda bisa merasa lebih puas, maka anda bisa memperhatikan ulasan yang ada di bawah ini.

Cara Membuat Bibit:

• Pilih indukan yang memiliki kriteria memenuhi sayarat atau berkualitas tinggi.

• Pilih bibit dari indukan yang sebelumnya sudah terbukti memberikan hasil panen yang melimpah.

• Pastikan indukan yang dijadikan bibit umurnya sudah diatas 2 bulan.

• Umbi dipotong kira-kira 1/3 pada bagian ujungnya.

• Daun dipangkas dan sisakan kira-kira 10 cm.

• Siapkan bedengan untuk media tumbuh.

• Berilah pupuk ataupun ZPT organik setiap 2 minggu sekali.

• Siram tanaman setiap sore.

• Tanaman wortel yang berhasil dibudidaya akan memunculkan bunga setelah 1 bulan.

• Tanaman wortel siap dipanen apabila bunga sudah berwarna kecoklatan.

Pemeliharaan dan Pemupukan

Memilhara tanaman terbilang susah-susah gampang, pasalnya jika anda sudah memutuskan untuk membudidaya tanaman wortel anda perlu teliti dan telaten memberikan perawatan yang maksmal agar hasil panennya juga melimpah. Cara budiaya tanaman wortel yang cepat panen ini dapat anda terapkan dan dapat memberikan hasil melimpah apabila diimbangi dengan tekad yang tinggi. Pemeliharaan tanaman ini juga meliputi pemberian pupuk agar tanaman anda memiliki nutrisi yang cukup sleama pertumbuhan.  Agar cara anda memelihara tanaman ini dapat berjalan dengan baik maka adan dapat melakukan 3 hal ini:

1. Penjarangan dan Penyiangan

Penjarangan adalah salah satu tekhnik yang harus anda lakukan dalam membudidaya tanaman wortel. Penjarangan ini sama halnya dengan mengurangi jumlah tanaman yang dirasa teralalu lebat atau menggerombol. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang yang lebih besar pada tanaman wortel agar umbinya dapat berukuran lebih besar. Pengurangan tanaman ini juga bertujuan agar nutrisi yang anda berikan dapat terpenuhi dan diserap dengan baik.

Untuk tahap penyiangan ini anda harus membersihkan lahan dari hama yang mengganggu pertumbuhan tanaman wortel yang anda tanam. Hama yang dimaksud ini dapat berupa gulma maupun hewan-hewan pengganggu tanaman yang dapat merusak atau mengganggu tumbuh kembang dari tanaman wortel ini.

2. Pengairan

Pada tahap awal pertumbuhan, tanaman wortel membutuhkan air dengan jumlah yag cukup. Jadi pada tahap tersebut anda harus rutin melihat dan mengecek kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tanaman anda. Pada tahap awal, penyiraman sebaiknya anda lakukan setiap hari. Anda bisa mengurangi skala pemberiaan air seiring bertambahnya ukuran tanaman wortel yang anda tanam.

3. Pemberian Pupuk

Pemupukan dilakukan agar kebutuhana nutrisi wortel dapat terpenuhi dnegan baik, selain itu hal ini juga dilakukan agar udidaya tanaman wortel anda bisa cepat panen dan memberikan hasil yang melimpah. Jika tanaman wortel yang anda budidaya ini nutrisinya terpenuhi, tentunya akan lebih kebal atau tidak mudah terserang oenyakit. Meskipun pada pembibitan anda sudah memberikan pupuk organik ataupun ZPT organik, anda bisa juga bisa memberikan pupuk susulan 30 hari setelah tanam agar pertumbuhan tanaman wortel anda lebih maksimal dan umbi wortel bisa memiliki ukuran yang memuaskan. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar