--> Skip to main content

Cara Budidaya Tanaman Brokoli Yang Cepat Panen

Cara Budidaya Tanaman Brokoli Yang Cepat Panen
tanaman brokoli (sumber wikipedia)

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak diminati oleh orang-orang karena memiliki rasa yang lezat untuk dikonsumsi. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak gizi di dalamnya. Sehingga akan memberikan keuntungan yang lebih bagi kesehatan tubuh bila anda mengonsumsi brokoli.

Jenis sayuran yang satu ini juga mudah didapatkan karena ada banyak sekali orang-orang yang menanam brokoli. Banyak juga yang menjadikan brokoli sebagai peluang bisnis untuk mendapatkan keuntungan dengan melakukan penjualan brokoli. 

Jika anda ingin menjadikannya bisnis, anda harus membudidaakan tanaman brokoli. Anda harus tahu seperti apa cara menanamnya hingga menghasilkan panen. Apabila berhasil, akan ada keuntungan besar yang bisa didapatkan oleh anda pastinya. Banyak hal yang harus anda perhatikan jika ingin berhasil dalam melakukan budidaya tanaman brokoli.

Persiapan Lahan Untuk Budidaya Brokoli

Setiap orang yang ingin melakukan budidaya tanaman tentu harus menyiapkan lahan terlebih dahulu. Pastikan lahan yang digunakan cukup untuk membudidayakan brokoli agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Berapapun ukuran lahannya, anda dapat membudidayakan brokoli dengan mudah.

Lahan yang efektif untuk budidaya brokoli paling efektif berada di daerah pegunungan. Dengan udara yang sejuk akan membuat brokoli lebih cepat tumbuh dengan segar. Untuk tanah sebaiknya digemburkan terlebih dahulu supaya bibit yang ditanamkan dapat diterapkan dengan mudah.

Ph tanah yang disarakan yaitu 5,5, apabila rendah anda harus melakukan pengapuran tanah terlebih dahulu. Jangan lupa membuat guludan dengan tinggi 100 cm di atas lahan yang nantinya digunakan untuk menanam tanaman brokoli. Untuk tinggi guludan yang efektif yaitu 30 cm, sementara untuk jarak antar guludan yaitu 40 cm.

Jangan lupa juga untuk menaruhkan pupuk di tanah yang yang sudah digemburkan. Tanah yang diberikan pupuk nantinya akan sangat efektif untuk pertumbuhan brokoli yang ditanam. Sehingga hasil panen yang didapatkan nantinya bakal optimal. Dengan mempersiapkan lahan yang baik, anda berarti sudah siap untuk budidaya tanaman brokoli.

Menyemaikan Benih Brokoli

Dalam membudidayakan tanaman brokoli, anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan penyemaian terhadap benih brokoli. Namun sebelum itu, anda harus menyiapkan benihnya terlebih dahulu. Anda bisa membelinya di toko yang menjual benih brokoli atau membuatnya sendiri. Jika anda ingin membudidayakan tanaman brokoli dalam jumlah yang besar, akan lebih efektif jika anda membeli bibit di toko.

Terdapat dua macam cara yang dapat anda lakukan untuk menyemaikan bibit brokoli yang akan ditanam. Berikut caranya :

- Menanam di Lahan Langsung

Cara yang pertama bisa anda lakukan adalah dengan menebarkan benih di atas lahan secara langsung. Cara yang satu ini akan lebih menghemat anda karena tidak harus membeli polybag. 

- Menanam di Polybag

Cara yang kedua bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan polybag. Banyak orang yang menyarankan lebih baik menggunakan polybag supaya benih yang dihasilkan berkualitas unggul. 

Kedua cara tersebut sama-sama efektif dan bakal memberikan hasil panen brokoli. Yang terpenting anda bisa melakukan penyemaiannya dengan baik dan benar. Apabila dilakukan secara efektif, benih yang dihasilkan akan berkualitas.

Supaya benih yang disemaikan bisa menghasilkan bibit yang berkualitas, maka anda harus menutupinya dari pancaran sinar matahari hingga munculnya daun sekitar 3 – 4 helai. Bila sudah, anda bisa menempatkannya di bawah sinar matahari. Bibit brokoli yang sudah disemaikan siap untuk ditanamkan.

Proses Penanaman Bibit Brokoli

Bagi anda yang sudah meakukan penyemaian bibit brokoli, anda berarti sudah siap untuk melakukan penanaman. Proses penanaman bibit brokoli dapat dilakukan dengan cara memindahkan bibit tanam ke atas guludan-guludan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Anda bisa mengaturnya dengan jarang kurang lebih 50 x 50 cm di atas guludan.

Buatlah lubang secukupnya terlebih dahulu, kemudian masukan bibit ke dalam lubang tersebut. Setelah itu, tutup dengan menggunakan tanah yang ada. Pastikan proses penanamannya tidak membuat kondisi tanaman rusak. Sehingga brokoli nantinya dapat tumbuh dengan baik. 

Pemeliharaan Tanaman Brokoli

Setelah penanaman bibit, anda harus melakukan hal yang sangat penting, yakni pemeliharaan tanaman. Meski sudah tumbuh, tanaman brokoli masih membutuhkan banyak pemeliharaan agar tumbuh dan menghasilkan brokoli yang berkualitas. 

Salah satu pemeliharaan yang paling penting adalah penyiraman. Anda bisa melakukan penyiraman secara rutin setiap harinya, yakni pagi dan juga sore. Penyiraman bertujuan agar tanaman tetap dalam kondisi segar. Sehingga, tanaman akan terhindar dari resiko kematian. Anda juga harus memberikan pupuk supaya brokoli yang dihasilkan berkualitas. Pupuk memiliki kandungan yang luar biasa untuk pertumbuhan brokoli menjadi lebih baik.

Selain itu, pemeliharaan yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah pemberantasan terhadap hama-hama yang menyerang. Ada banyak sekali jenis hama yang menyerang tanaman brokoli. Anda bisa membunuhnya dengan obat pemberantas hama yang bisa dibeli di toko.

Pemanenan Brokoli

Apabila anda sudah mampu menjaga kondisi tanaman brokoli hingga tumbuh besar, maka anda tinggal melakukan proses pemanenan brokoli. Untuk pemanenan bisa dilakukan secara serentak baik di waktu pagi hingga sore. 

Brokoli yang dihasilkan akan berkualitas jika anda melakukan budidayanya berhasil dari awal hingga akhir. 

Manfaat Brokoli

Adapun manfaat yang bisa anda dapatkan apabila sering mengonsumsi brokoli sebagai berikut!

1. Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat yang bisa anda dapatkan pertama adalah untuk kesehatan kulit. Khususnya untuk para wanita yang ingin kulitnya seha alami, anda harus bisa mengonsumsinya secara rutin. 

2. Mata Tetap Terjaga

Selain wortel dan juga tomat, jenis sayuran yang baik untuk kesehatan mata lainnya adalah brokoli. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang bahwasanya brokoli dapat membantu kesehatan mata supaya tetap terjaga.

3. Membantu Proses Pencernaan

Apakah anda sering mengalami gangguan pencernaan? Sebaiknya anda sering mengonsumsi brokoli supaya proses pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh bilaman anda mengalami gangguan pencernaan.

4. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat yang sangat penting dari brokoli adalah mencegah anemia. Brokoli dapat mengatasi dan mencegah terjadinya gejala anemia pada seseorang. Hal ini karena kandungan gizi yang ada di dalam brokoli sangat kaya akan khasiat di dalamnya. 

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat yang selanjutnya yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi anda yang mudah terserang penyakit ringan, sebaiknya anda sering mengonsumsi brokoli. Hal ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. 

Sangat penting brokoli untuk dikonsumsi agar kondisi tubuh bisa menjadi sehat. Bagi anda yang ingin tetap sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi brokoli secara rutin.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai budidaya tanaman brokoli. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya budidaya tanaman brokoli yang dilakukan supaya berhasil. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar