--> Skip to main content

Nama-nama Buah Dari Huruf R

Nama-nama Buah Dari Huruf R
Sama halnya dengan artikel-artikel sebelumnya, artikel kali ini akan membahas nama-nama buah dari huruf R setelah pada artikel sebelumnya membahas tentan nama-nama buah dari huruf Q. Nama-nama buah dari  huruf R ini terbilang lebih bervariasi dibandingkan nama-nama buah dari huruf Q, sebab buah-bauahan dari huruf R ini lebih dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia khususnya. Dimana buah ini seringkali dijumpai di pasar-pasar buah dan juga bisa juga ditemui diberbagai tempat. Nama-nama buah dari huruf R ini diantaranya adalah:
rukam (sumber wikipedia)
1. Rukam
Rukam adalah salah satu spesies pohon penghasil buah, buahnya mengikuti dari nama pohonnya. Buah rukam tidak banyak disukai oleh masyrakat Indonesia sehingga buah ini tidak terlalu populer. Meskipun buahnya tidak populer tetapi pohonnya sangat dicari oleh orang-orang karena dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam perabotan. Meskipun tidak memiliki kayu yang cukup besar, pohon rukam ini memiliki tekstur kayu yang sangat keras, sehingga banyak orang yang memanfaatkan kayunya untuk galah pedati dan antan. Buah rukam ini bisa dimakan langsung saat masih segar tetapi rasnaya tidak terlalu disukai oelh orang-orang, sebab buah ini memiliki rasa pahit dan rasa sepat. Jika ingin menghilangkan rasa sepat dari buah ini, sebelum dimakan harus dipencet-pencet terlebih dahulu. Selain bisa dimakan secara langsung buah ini juga bisa diolah menjadi selai, untuk menghilangkan rasa pahit dan sepat bisa ditambahi dengan bahan lain seperti gula dan buah-buahan lain yang memiliki rasa manis.
rambutan (sumber pixabay)
2. Rambutan
Rambutan adalah uah yang sangat populer di Indonesia, semua orang tentu sudah tahu betul dengan buah yang satu ini. Rambutan memiliki jenis yang sangat banyak sekali sehingga rasa dan juga ciri morfologi dari buah ini snagat bervariasi. Meskipun pohon dan daunnya tampak sama dari luar tetapi bisa saja berbeda jenis, sehingga buah yang dihasilkannya juga berbeda.  Rambutan adalah buah yang banyak mengandung air dan memiliki rambut pada bagian kulitnya, rasanya manis semu masam. Di Indonesia buah ini persebarannya sangat banyak, sheingga ketika tiba masanya berbuah seringkali muncul istilah musim rambutan karena saking banyaknya buah rambutan ini.
rambusa (sumber wikipedia)
3. Rambusa
Jika dibaca sekilas rambusa dan rambutan memiliki pelafalan yang sangat mirip. Buah ini sangat mudah ditemui di lahan terbuka. Meskipun memiliki pelafalan yang mirip, buah rambutan dan rambusa adalh dua jenis buah yang sangat jauh berbeda, bahkan dari pohonnya saja sudah elas sangat berbeda, diamana batang rambusa ini sangat kecil dan tmbuh secara merambat. Buah rambusa adalah jenis buah yang tergolong kecil, diaman ketika buah ini matang akan tertutup oleh perbesaran kelopak bunganya. Buah ini sepertinya memiliki kekerabatan dengan buah ceplukan, buah ini juga banyak memiliki nama lokal di berbagai tempat sebab di Indonesia sendiri sangat banyak persebarannya.
rambai (sumber wikipedia)
4. Rambai
Rambai adalah jenis buah-buahan yang sangat banyak di temui di daerah sumatera, dimana buah ini masih banyak tumbuh di hutan-hutan sumatera. Rambai ini masih memiliki kekrabatan dengan buah menteng, bahkan secara sekilas buah ini tidak jauh berbeda. Buah rambai memiliki kandungan air yang cukup banyak, memiliki rasa yang sangat masam dan sedikit manis. Orang-orang biasanya mengkonsumsi buah ini secra langsung, dan terkadang ada juga yang mengolah buah ini untuk di buat rujak dan campuran minuman. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar